Profil CPNS 2018 : “Rosabella, Belajar Kunci Sukses SKD dan SKB”

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 sudah berakhir dan tinggal penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara yang selanjutnya penerbitan Keputusan CPNS dari Pejabat Pembina Kepegawaian. Namun kegiatan tersebut menyisakan banyak hal yang mungkin hanya dirasakan oleh peserta dan pansel. Ada kesedihan, ada kegembiraan dan ada rasa yang sulit diungkapkan satu persatu. Rasa capek pansel terbayar dengan tampilnya Calon PNS yang memiliki kualitas meski banyak juga yang gagal  memiliki hal yang sama. Namun nasib dan keberuntunganlah yang menentukan nilai akhir setelah belajar dan berdoa dilakukan dengan sepenuh hati.

Rosabella Widianty atau yang akrab dipanggil Bella merupakan salah satu Bidan Terampil yang lulus Tes CPNS Tahun 2018 yang lalu dengan predikat Top Scorer untuk Seleksi Kemampuan Dasar(SKD). Bella yang memiliki hobby membaca dan mendengarkan musik ini merupakan anak kedua dari 5 bersaudara. Lahir di Tampa 24 tahun silam dan nampak terlihat anggun dengan balutan pakaian kesehariannya. Dalam pertemuan dengan wanita ini, tampak sekali terkesan kalau bella memiliki sifat yang ramah dan santai kalau berbicara. Dan ternyata beberapa tahun sekolah keluar daerah tidak menghilangkan aksen kentalnya sebagai orang Kalimantan Tengah.

Sejak Lulus Kuliah D3 Kebidanan di Akademi Kebidanan Suka Wangi Bekasi Tahun 2015 yang lalu, Bella kembali ke kampung halaman dengan bekerja sebagai TKS Bidan di Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur hingga akhirnya menjadi Bidan PTT ditempat yang sama awal tahun 2018 sampai Desember 2018 yang lalu.

Ketika Bella ditanya bagaimana proses hingga berhasil memiliki nilai yang paling tinggi untuk SKD? jawabnya simpel  “BELAJAR”.

Bella mengatakan  kalau belajar sejak bulan April 2018 dengan membaca Buku Tes CPNS yang dikarang oleh Sahda Halim. Menurutnya buku ini sangat bagus dan hampir mirip dengan Soal yang disampaikan pada Tes SKD dan SKB (ini bukan promosi lo). Meski proses belajarnya terhenti karena proses akreditasi Puskesmas Tampa dan baru dilanjutkan kembali setelahnya, namun kita bisa mengambil pelajaran berharga dari seorang Rosabella bahwa berjuang itu tidak bisa hanya sekedarnya dan bukti perjuangan yang dia lakukan dengan proses belajar itu akhirnya tidak sia-sia.

“Kapan SK CPNSnya keluar Pa?”, kata Bella ketika ingin meninggalkan kantor BKPSDM.

Pertanyaan yang wajar menurut saya karena kontrak kerja di Puskesmas Tampa menurut Bella sudah berhenti sejak Januari 2019 ini, dan SK CPNS masih berproses menunggu hasil Penetapan NIP dari Badan Kepegawaian Negara. Kita berharap bahwa secepatnya proses ini bisa berjalan dan yang sudah lulus bisa menikmati hasil akhir dari perjuangan mereka. Ada meme yang mengatakan, SEBELUM HITAM DIATAS PUTIH DITANGAN, MAKA PERJUANGAN BELUM SELESAI.

Sekali lagi kami ucapkan Selamat untuk Rosabella Widianty dan kepada seluruh Peserta Test CPNS 2018 yang telah berhasil sebagai pemenang dari persaingan ini, tetap semangat dan selamat bergabung bersama kami menjadi Aparatur Sipil Negara(ASN) yang profesional untuk bersama membangun Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus menjadi lebih baik lagi kedepan.

Tunggu Profil CPNS selanjutnya…..