115 orang PNS Barsel bakal diberhentikan di Tahun 2018

Sebanyak 115 PNS Barsel akan diberhentikan dengan hormat sebagai PNS pada tahun 2018. Hal ini terkait dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang mengamanatkan ketentuan tentang batas usia pensiun bagi PNS. Menindaklanjuti ketentuan tersebut, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Barito Selatan melalui Surat No.882/563/Peg/2017 tanggal 15 September 2017 tentang Penyampaian Daftar/List Pegawai Negeri Sipil yang mencapai Batas usia pensiun(BUP) Tahun 2018 untuk ditindaklanjuti oleh Struktur Organisasi Perangkat Daerah dan unit kerja dibawahnya. “Pemberitahuan ini sebagai buku jaga pensiun yang akan diedarkan setiap tahun untuk kelancaran proses administrasi kepegawaian. Diharapkan dengan disampaikannya edaran tersebut, penerbitan SK Pensiun tidak akan melewati batas waktu usia pensiun yang bersangkutan”, jelas Kasubid Mutasi, Yunedy.

Surat dimaksud dapat disampaikan sebagai berikut :
[gview file=”https://res.cloudinary.com/dmhvfvu0h/image/upload/v1506606660/Edaran-Pensiun_vo5mon.pdf” title=”Edaran Pensiun”]

Setiap PNS akan menghadapi Masa Pensiun sesuai dengan jabatan dan usianya. Hal ini dijelaskan didalam ketentuan Pasal 128 Ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang mengamanatkan tentang Batas Usia Pensiun(BUP) PNS sebagai berikut :

  1. 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama dan pejabat fungsional keterampilan.
  2. 60 (enam puluh) tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya,
  3. 65 (enam puluh lima) tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.

Dikecualikan dari hal tersebut, ditentukan dalam pasal 355 dan 356 yang menjelaskan bahwa :

  • PNS yang berusia di atas 58 (lima puluh delapan) tahun dan sedang menduduki JF ahli pertama, JF ahli muda, dan JF penyelia, yang sebelum Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku Batas usia Pensiunnya ditetapkan 60 (enam puluh) tahun, Batas Usia Pensiunnya tetap 60 (enam puluh) tahun (Pasal 355)
  • PNS yang diangkat dalam JF ahli muda, JF ahli pertama, dan JF penyelia setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2014 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Yang Mencapai Batas Usia Pensiun Bagi Pejabat Fungsional , Batas Usia Pensiunnya 58 (lima puluh delapan) tahun.

Bagi Pegawai Negeri Sipil yang telah masuk daftar/list Batas Usia Pensiun(BUP) 2018 agar segera menyampaikan kelengkapan berkas Usul Pensiunnya sesuai surat terlampir.