BKPSDM Akan Luncurkan SIMPEG Berbasis Web

Bersamaan dengan HUT Kabupaten Barito Selatan ke 58, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM akan meluncurkan Sistem Informasi Kepegawaian (simpeg) berbasis web yang dapat diakses oleh semua PNS dan stakeholder terkait. Menurut Fahriaji, S.IKom tenaga teknis IT di BKPSDM, layanan ini memuat data seluruh PNS dan statistik PNS sehingga seluruh informasi kepegawaian akan dapat terpantau. Layanan Simpeg ini terbagi untuk 4 kategori pengguna yakni : administrator (BKPSDM), kontributor (Instansi/unit kerja), member (ASN) dan government (stakeholder) yang memiliki kewenangan masing-masing”. Administrator berada di BKPSDM yang memiliki kewenangan untuk mengubah, memperbaiki dan memantau seluruh kegiatan pada sistem, Kontributor memiliki kewenangan untuk mengubah, memperbaiki dan memantau kegiatan simpeg ditingkat instansi, Member memiliki kewenangan untuk melakukan perobahan pada data pribadi. Sedangkan di tingkat goverment hanya memiliki kewenangan untuk memantau seluruh data ASN di Kabupaten Barito Selatan.

“Layanan Simpeg ini memang disiapkan untuk mengejar ketertinggalan kita dalam hal pelayanan informasi publik. Kita punya SAPK dan Simpeg Offline tapi itu terbatas hanya untuk pelayanan administrasi kepegawaian dengan BKN dan tidak bisa diakses oleh stakeholder yang membutuhkan. Kita ingin layanan Simpeg ini bisa menjadi sumber data kepegawaian dalam pengambilan kebijakan pemerintah daerah. Karena itu aplikasi ini dibuat dan dipergunakan secepatnya. Semakin cepat tentu akan semakin baik”, kata Kepala BKPSDM, Hidayaturahman, S.Sos. “Hal ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Barito Selatan sebagai Smart City”, lanjutnya.

Era digital dan keterbukaan informasi mengharuskan semua informasi dapat diakses oleh publik sesuai dengan keperluan dan kepentingannya. Untuk itu, BKPSDM berupaya mengembangkan beberapa layanan berbasis elektronik untuk menunjang pelayanan informasi di era digital.¬†“Selain layanan SIMPEG, BKPSDM juga sedang menyiapkan layanan E-SKP dan E-TAKAH yang juga berbasis web sehingga dapat dengan mudah diakses oleh ASN dimanapun dan kapanpun”, kata Syamsul Bakhri, Kabid Kepegawaian BKPSDM.

E-SKP atau SKP Elektronik merupakan layanan penyusunan SKP berbasis web yang dibuat untuk memudahkan ASN melakukan penyusunan SKP dan sinkronisasi Capaian terhadap Target sehingga penyusunan SKP yang merupakan kewajiban seorang ASN tidak lagi asal-asalan. Tetapi menjadi komitmen bersama antara atasan langsung dengan bawahan yang harus dicapai sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Atasan langsung dapat memantau kinerja ASN melalui layanan ini sehingga penilaian lebih transfaran dan akuntabel.

E-TAKAH atau Tata Naskah Elektronik merupakan kumpulan data-data kepegawaian berbasis digital yang dapat diakses oleh ASN selama tersedia jaringan internet. Sehingga dimanapun yang bersangkutan membutuhkan dapat segera diambil dan dipergunakan. Layanan ini juga menjadi sumber data untuk Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) sehingga yang bersangkutan tidak perlu lagi repot menyampaikan berkas ke BKPSDM. Hal ini tentu lebih mempersingkat birokrasi dan biaya. “Jika memungkinkan, layanan ini juga akan dapat diakses secara clien di BKPSDM dengan fasilitas lengkap”, jelas Syamsul lebih lanjut.

Data memang belum bersifat final tetapi kepada kontributor dan member agar dapat melengkapinya sesuai kewenangan masing-masing. Untuk member silahkan melakukan registrasi. Untuk akses/login versi trial silahkan registrasi di simpeg.bkpsdm.baritoselatankab.go.id