Guru “nekat” Pindah Sebelum 4 Tahun, Resiko Tidak Bisa Naik Pangkat

Jawaban saya seperti ini setelah saya berkonsultasi dengan banyak orang, namun ini cuma untuk pengajaran saja bahwa kepentingan yang melanggar aturan bisa menjebak diri sendiri.

Pertanyaan : Saya seorang guru yang diangkat menjadi CPNS pada tahun 2010 disalah satu Kecamatan di Kabupaten B. Pada bulan Maret 2012 saya bermohon pindah tugas dan disetujui pindah ke kabupaten B. Namun saat ini saya terkendala naik pangkat dan telah 2 kali usul dianggap tidak memenuhi syarat. Apa yang harus saya lakukan? dari N dikota B.

Jawaban :

Salam kenal N dikota B, pertama-tama kita harus introspeksi diri dulu mengapa ini harus terjadi. Ketika anda diangkat sebagai CPNS biasanya ada perjanjian kerja dimana anda tidak boleh pindah tugas selama sekian tahun. Jika demikian,¬† maka aneh rasanya klu anda bisa pindah sebelum masa perjanjian itu habis. Kecuali ada ‘sesuatu’ yang khusus sehingga anda bisa pindah tugas. Jika anda membuka Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 dipasal 62 point 4 dapat anda lihat ketentuan sebagai berikut : ” Pemindahan guru yang diangkat oleh pemerintah atau Pemerintah Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan setelah guru yang bersangkutan bertugas pada satuan pendidikan paling singkat selama 4(empat) tahun, kecuali guru yang bertugas di daerah khusus”.

Ketentuannya adalah “paling singkat”, dengan demikian maka kepindahan anda ke kota B telah menyalahi ketentuan yang berlaku karena Peraturan itu sudah diundangkan pada tahun 2008. Jika sudah terlanjur apa solusinya dan apakah anda bisa naik pangkat?

Tidak ada solusi yang dapat diberikan kecuali terjadi perubahan peraturan itu. Atau katakanlah anda saat ini sedang dalam “masa hukuman” karena melanggar ketentuan yang berlaku. Harusnya dengan ketentuan itu, anda tidak bisa naik pangkat sampai kapanpun. Saran saya segera berkonsultasi dengan BKN Regional dimana anda berada….