Musda KORPRI Pilih Edy Purwanto, AP, M.Si sebagai Ketua Dewan Pengurus KORPRI Periode 2019-2024

Musyawarah Daerah Pembentukan Dewan Pengurus KORPRI Periode 2019 – 2024 yang telah dilaksanakan pagi ini, Jumat 26 April 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan secara resmi telah memilih Edy Purwanto, AP, M.Si (Kepala BAPPEDA Kabupaten Barito Selatan) sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Barito Selatan untuk Periode 2019 – 2024 kedepan. Pemilihan Dewan Pengurus ini diadakan seiring dengan telah berakhirnya masa kepengurusan Dewan Pengurus KORPRI yang lama pada bulan Desember 2018. Karena berbagai kesibukan Dewan Pengurus KORPRI membuat estafet kepengurusan mengalami penundaan.

KORPRI sendiri menurut Ir. Edi Kristianto, MT —selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI periode sebelumnya— telah mengalami pasang surut dan perubahan dalam kepengurusannya. Dimana sebelum tahun 2017 dikelola oleh Sekretariat Korpri sebagai satu SKPD dibawah kendali Pejabat Eselon III. Namun sejak lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, hal itu mengakibatkan Kegiatan Korpri dilebur kedalam tugas pokok dan fungsi Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Barito Selatan. Berbagai kegiatan KORPRI dilakukan selama periode tersebut seperti Pembinaan Mental dan Kerohanian, MTQ dan Pesparawi KORPRI, Kegiatan Olahraga KORPRI, Pengusulan Tambahan Penghasilan untuk kesejahteraan PNS, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Rapat Kerja KORPRI serta Peringatan KORPRI. “Bahkan dari berbagai kegiatan itu kita pernah mendapatkan Juara I Tingkat Nasional pada pelaksanaan MTQ KORPRI Tahun 2016 di Samarinda”, lanjut beliau. Namun beliau juga menyadari masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam rangka peningkatan kinerja KORPRI sendiri.

Dalam sambutan Bupati Barito Selatan yang dibacakan Pj. Sekda Kabupaten Barito Selatan Ir. Syahrani, MT mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilihan Pengurus Baru KORPRI ini menjadi sangat penting karena seluruh Aparatur Sipil Negara berada dalam naungan KORPRI ini. “KORPRI menjadi wadah satu-satunya untuk menghimpun seluruh Aparatur Sipil Negara sesuai amanat Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2010”, lanjut beliau. Dalam kesempatan ini juga, Bupati Barito Selatan mengharapkan agar pelaksanaan E-Kinerja dapat segera dilaksanakan. Hal ini mengingat jumlah ASN yang terbatas namun pelayanan terhadap masyarakat harus tetap berjalan. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah dengan meningkatkan kualitas kinerja ASN tersebut. “Kita tidak bisa hanya mengharapkan kualitas yang meningkat, namun juga harus dibarengi dengan Take  Home Pay yang layak”, lanjutnya. Layak dalam artian siapa yang bekerja giat dan rajin maka dia akan mendapatkan hasil yang lebih dari yang tidak rajin. Selain masalah e kinerja, beliau juga menyinggung masalah Bantuan Konsultasi Hukum untuk ASN. “ASN harus dilindungi rasa amannya”, sambung beliau. Mengharapkan para ASN bekerja giat, namun tidak dibarengi dengan terciptanya rasa aman membuat para ASN bekerja setengah-setengah. Takut akan berhadapan dengan Aparat Hukum. Oleh karena itu beliau meminta ASN bekerja dengan giat dan rajin sedangkan rasa aman akan tetap dilindungi dengan akan dibentuknya Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum untuk ASN dibawah naungan KORPRI.

Pelaksanaan Musyawarah sendiri dipimpin oleh Pj. Sekretaris Daerah, Ir. Syahrani, MT dengan menghasilkan personalia Dewan KORPRI yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara yang masih bersemangat serta memiliki track record yang baik. Dengan terbentuknya Dewan Pengurus ini, beliau mengharapkan agar secepatnya bekerja guna untuk menjadikan KORPRI sebagai penjembatan bagi Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Barito Selatan, menjaga agar-hak-hak anggota KORPRI dapat terpenuhi dengan perlahan tapi pasti, menggeliatkan semangat ASN untuk bekerja giat serta membantu pemerintah daerah dalam menciptakan pelayanan publik yang berkualitas.