BKPSDM Mulai Uji Coba Layanan Satu Pintu

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM mulai menerapkan Pelayanan Satu Pintu di Lobi Utama Kantor BKPSDM. Dengan demikian maka ASN yang ingin berkonsultasi atau mengurus segala hal yang berhubungan dengan layanan BKPSDM cukup hanya diperkenankan menunggu di lobi.

Menurut Kepala BKPSDM, Ir. Rahmin Hanan, MT, kebijakan pelayanan semacam ini sudah menjadi kebutuhan birokrasi untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan transparan. Kita bisa lihat disetiap kementerian sudah menerapkan sistem seperti ini dan BKN juga sudah menerapkan Sistem Pelayanan Satu Pintu. Dengan pelayanan seperti ini, maka ASN tidak perlu capek-capek menuju ruangan bidang yang dituju. Cukup menyampaikan maksud dan tujuan dilobi, maka kami yang akan turun untuk menemui ASN yang membutuhkan layanan. Konsultasi yang diberikan hanya yang bersifat spesifik, sementara untuk mengantar berkas dalam rangka layananan cukup disampaikan di Front Office.

“Kami akan menyediakan persyaratan yang dibutuhkan secara fisik maupun online melalui website dibantu teman-teman yang lain”, kata Sekretaris Badan, Samsuri, SP.  “Disamping hal itu, kami juga akan meluncurkan secara bertahap layanan online terkait pelayanan di BKPSDM”. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Kepegawaian, Syamsul Bakhri,  bahwa untuk tahap pertama adalah terkait pelayanan kenaikan pangkat melalui jalur Kenaikan Pangkat Otomatis(KPO) dan pengusulan seluruh Kenaikan Pangkat oleh Dinas/Instansi yang rencananya akan mulai diterapkan periode Oktober 2019 ini. Sementara pelayanan lainnya akan dilaksanakan secara bertahap. Hal ini selain untuk mengurangi banyaknya berkas yang menumpuk, juga untuk memudahkan Dinas/Instansi tanpa harus ke kantor BKPSDM sudah dapat mengusulkan dan memantau Usul Kenaikan Pangkatnya.

Meskipun masih dalam tahap uji coba, BKPSDM akan terus berusaha memperbaiki sistem pelayanan meski secara bertahap. Fasilitas yang belum memadai, ruang konsultasi yang belum representatif dan belum terbiasanya ASN BKPSDM harus turun naik tangga cukup menjadi kendala. Tapi dengan berjalannya waktu, kami berharap dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada seluruh ASN dilingkungan Kabupaten Barito Selatan sebagai sumbangsih kami untuk Kabupaten Barito Selatan kearah yang lebih baik.